Analisis Karakter Sociopreneur Melalui Program Market Day Untuk Melatih Talenta Berbisnis Pada Diri Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.62274/tadrusuun.v2i2.50Keywords:
pendidikan karakter, sociopreneur, market day, sekolah dasarAbstract
Tantangan di Era Industri 5.0 menuntut berbagai sektor untuk mengikuti
perkembangan zaman, salah satunya sektor di bidang pendidikan. Perkembangan
kemajuan pendidikan berpengaruh pada berbagai sektor, seperti: politik,
ekonomi, sosial, dan budaya. Dalam menghadapi tantangan tersebut di bidang
pendidikan harus mampu menyesuaikan diri melalui inovasi dan karakter kuat
dalam perubahan globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter
sociopreneur melalui program market day pada siswa kelas V di SD Imogiri. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian survei. Penelitian dilaksanakan pada bulan
Januari sampai dengan bulan Juni tahun 2023. Tempat penelitian di SD Imogiri
Bantul, Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak
46 siswa, dengan populasi seluruh siswa di SD Imogiri Bantul Yogyakarta.
Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman kuesioner, dengan instrumen
penelitian menggunakan lembar kuesioner (angket tertutup). Skor angket
dianalisis dengan menggunakan rumus Person Product Moment untuk
mengetahui validitasnya, sedangkan untuk mengetahui reliabilitasnya
menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menyatakan bahwa
karakter sociopreneur dapat terbentuk dalam diri siswa melalui program market
day. Karakter sociopreneur, meliputi: percaya diri, tanggungjawab,
kepemimpinan, kejujuran, kewirausahaan, dan cinta lingkungan. Jumlah skor
rata-rata perolehan sebesar 520 dengan persentase 84,58% kriteria “sangat kuat”,
terdiri dari: karakter percaya diri sebesar 792 dengan persentase 86,08%, karakter
tanggung jawab sebesar 473 dengan persentase 85,69%, karakter jiwa
kepemimpinan sebesar 454 dengan persentase 82,25%, karakter kejujuran
sebesar 477 dengan persentase 86,42%, karakter kewirausahaan sebesar 458
dengan persentase 82,97%, dan karakter cinta lingkungan sebesar 464 dengan
persentase 84,06%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Faizun Fitria Sani, Dewi Masithoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.