Komparasi Metode Hukuman, Keteladanan dan Kisah dalam Pendidikan Islam dan Barat Perspektif Muhammad Qutb

Authors

  • Ahmad Syahirul Alim STIT Fatahillah Bogor
  • Setia Budi STIT Fatahillah Bogor
  • Fahmi Irhamsyah STIT Fatahillah Bogor

DOI:

https://doi.org/10.62274/al-qiyadi.v1i1.42

Keywords:

Muhammad Qutb, Metode Keteladanan, Metode Hukuman, Metode Kisah

Abstract

Kegelisahan para ilmuwan muslim atas penerapan sistem pendidikan Barat atas
Umat Islam memunculkan berbagai kajian mengenai sistem pendidikan Islam.
Muhammad Qutb dengan bukunya Manhaj al-Tarbiyah al-Islamiyyah, berupaya
untuk membandingkan keunggulan pendidikan Islam atas pendidikan Barat
diantaranya dari sisi metode pendidikan terutama pada metode keteladanan,
metode hukuman dan metode kisah. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji
komparasi yang dilakukan Muhammad Qutb dengan mengunakan metode studi
riset kepustakaan (library research) dengan metode analisis isi berupa deskriptifanalitis terhadap buku Manhaj al-Tarbiyah al-Islamiyyah sebagai sumber primer.
Dalam kajian ini ditemukan bahwa menurut Muhammad Qutb; pendidikan Islam
dan Barat sama-sama menggunakan metode keteladanan dan kisah, namun
berbeda dalam sosok teladan dan aturan berkisah. Di sisi lain, pendidikan Barat
menolak metode hukuman sedang pendidikan Islam menggunakannya dengan
persyaratan ketat.

Downloads

Published

2023-06-22

Issue

Section

Articles